Mixtape.
Aliquam lorem ante, dapibus in, viverra quis, feugiat a, tellus. Phasellus viverra nulla ut metus varius laoreet quisque rutrum. [vc_empty_space height="34px"]

Al Zabran : “Ini Musik Kok Aneh Ya?”

Nicko Show - IDE TIMUR

IDE Timur – Awalnya, pria asal kabupaten Sorong, Papua ini tak pernah mengetahui apa itu yang disebut musik rap, hip hop dan sejenisnya. Sejak kecil, telinga Al Zabran memang sudah akrab dengan musik-musik rap dan hip hop.

Wajar memang, kakaknya adalah seorang rapper. Namun saat itu, Al Zabran sama sekali tak mengetahui jika musik yang biasa ia dengarkan tersebut adalah musik rap dan hip hop.

Beat-beat yang bisa membuat kepala bergoyang serta lirik lagu yang terkesan bebas tanpa aturan membuat dirinya langsung jatih cinta dengan musik tersebut.

 “Ini musik kok aneh ya? Kok ada lagu yang bisa nyebut namanya sendiri. Akhirnya aku suka,” ujar Al Zabran.

Al Zabran (Foto. Dokpri)

 

Pengaruh sang kakak dengan musik tersebut memang cukup besar. Tanpa disadari, rasa penasaran Al Zabran dengan musik hip hop semakin besar.

Al Zabran pun mulai memberanikan untuk membuat lagu sendiri. Cuma buat iseng, itulah alasannya ketika ditanya untuk apa ia membuat lagu. Namun keisengannya tersebut semakin lama semakin berubah menjadi sebuah keseriusan.

Di kampung halamannya, Al Zabran mulai membentuk grup hip hop sendiri yang ia namakan TMWS. Hingga akhirnya, ia dan grupnya mulai memberanikan diri untuk mengikuti event-event musik hip hop yang banyak diselenggarakan di sana.

“Tahun 2016 manggung pertama kali. Kita ikut Free Style Battle dan berhasil jadi juara ketiga,” kata Al Zabran dengan bangga.

Al Zabran (Foto. Dokpri)

 

Sejak saat itu, ajang-ajang serupa pun selalu menjadi langganan Al Zabran dan grup nya untuk tampil. Hebatnya, grup tersebut selalu pulang dengan membawa hasil yang cukup membanggakan.

Namun sayang, di tahun 2019, TMWS harus bubar. Al Zabran pun akhirnya memutuskan untuk jalan sendiri. Berbekal alat sederhana seperti ponsel, Al Zabran mulai aktif membuat lagu. Usahanya tersebut tak sia-sia. Seorang produser mulai meliriknya dan mengajaknya untuk bergabung.

Lagu berjudul “Malu Bos” pun menjadi pembuktian pertama Al Zabran. Lagu yang menceritakan mengenai tema-tema keseharian seperti agama dan kehidupan keluarga tersebut sempat menuai kontroversi. Namun dimana ada kontroversi, selalu ada hikmah yang dapat dipetik. Itulah yang akhirnya dirasakan Al Zabran saat itu.

”Banyak banget yang DM aku. Aku dikatain, dicaci. Tapi aku biarin aja. Itu berarti lirik yang aku buat berhasil,” kata Al Zabran sambil tertawa.

Kini sudah sekitar 20 lagu dibuatnya. Nama Al Zabran pun perlahan-lahan mulai diperhitungkan. Di tahun ini, Al Zabran bersiap untuk merilis album perdananya yang berisikan 12 lagu-lagunya yang sempat hits.

”Kalau kata teman-teman sih saya sudah mulai dikenal. Kemarin ke Jakarta ada fans yang bawain buah mangga,” beber Al Zabran.

 

Written By: Nicko Show - IDE TIMUR