Mixtape.
Aliquam lorem ante, dapibus in, viverra quis, feugiat a, tellus. Phasellus viverra nulla ut metus varius laoreet quisque rutrum. [vc_empty_space height="34px"]

Beralih Dari Musik Gambus, Idal Ingin Lestarikan Disko Tanah

Nicko Show - IDE TIMUR

IDE Timur – Istilah Disko Tanah yang populer di wilayah Sulawesi Utara awalnya adalah sebutan yang mengacu kepada jenis musik yang biasanya dibawakan di tanah lapang. Disko Tanah memang bukanlah salah satu genre musik yang berkembang di Indonesia.

Namun di daerah aslinya, musik ini sangatlah digemari. Idal, salah satu musisi asal Gorontalo ini pun mencoba untuk mengangkat Disko Tanah sebagai pakemnya dalam bermusik.

Singlenya yang berjudul “ Jomblo Berkualitas” beberapa waktu lalu pun sempat viral. Banyak yang mengatakan jika musik yang diusung Idal cukup unik.

Namun siapa sangka, Idal dahulu adalah penggemar musik gambus. Bahkan Idal sempat bergabung dengan grup gambus El Amr besutan keluarga besarnya. Bukan sebagai penyanyi, dalam grup tersebut, Idal justru mengisi posisi sebagai pemain keyboard.

“Karena saya kan ada keturunan Arab. Jadi keluarga memang ada keturunan Arab. Akhirnya kita punya grup gambus. Waktu SMP kelas dua itu saya masih main keyboard,” terang Idal.

Idal (Foto. Dokpri)

 

Bersama grup gambus nya, Idal banyak tampil dalam acara-acara pernikahan yang terdapat di tanah kelahirannya. Namun seiring berjalannya waktu, Idal justru dipercaya sebagai vokalis dalam grup tersebut.

Saat itulah karir Idal sebagai penyanyi dimulai. Namun lingkungan perlahan-lahan mulai merubahnya. Saat duduk di bangku SMA, Idal mulai mengenal musik Hip Hop. Dari teman-temannya, ia di perkenalkan dengan komunitas G-Town.

“Saya akhirnya kenal Hip Hop di Gorontalo. Saya coba cari tahu dari teman. Akhirnya memang suka,” ungkap Idal.

Idal pun mengaku mulai jatuh cinta dengan musik Hip Hop. Dari komunitas G- Town, Idal mulai mempelajari bagaimana membuat beat dan lain sebagainya.

Dan karena musik Disko Tanah sedang digemari, Idal pun mulai melirik musik tersebut sebagai benang merah dalam bermusik.

Idal (Foto.Dokpri)

 

“Secara kualitas saya memang belum bagus. Tapi karena pasar, akhirnya saya terjun ke musik itu. Saya ingin melestarikannya,” ujar Idal.

Idal pun semakin yakin dengan pilihannya. Ia pun mulai memberanikan diri untuk mengenalkan lagu-lagu ciptaannya. Dan tentunya dengan kemasan musik Disko Tanah.

Sebanyak 6 lagu telah dibuatnya. Sejauh ini, sambutannya pun cukup positif. Lantas, bagaimana dengan musik gambus yang pernah ditekuninya?

“Sudah nggak lagi. Tapi kalau cuma untuk joget-joget sih nggak apa-apa. Kalau saya diminta untuk nyanyi gambus juga boleh. Tapi sekarang saya fokus dengan musik Disko Tanah,” tegas Idal.

 

Written By: Nicko Show - IDE TIMUR