Mixtape.
Aliquam lorem ante, dapibus in, viverra quis, feugiat a, tellus. Phasellus viverra nulla ut metus varius laoreet quisque rutrum. [vc_empty_space height="34px"]

Jarang Dilirik Kaum Hawa, Datgyal Justru Mantap Menekuni Musik Rap

Nicko Show - IDE TIMUR

IDE Timur – Tak banyak wanita yang memiliki cita-cita sebagai seorang rapper. Dan di Indonesia sendiri, rapper wanita mungkin adalah sesuatu yang cukup langka.

Namun profesi yang kurang dilirik oleh kaum hawa tersebut justru mendapat perhatian khusus bagi gadis asal Bali ini. Buktinya, Datgyal W kini menjadi rapper wanita yang cukup aktif di pulau dewata.

Bahkan sejak kecil, perempuan yang gemar memakai kacamata hitam ini telah memiliki cita-cita sebagai seorang rapper. Dan kini, keinginannya tersebut telah terwujud. Sebanyak 15 lagu telah ia miliki. Belum lagi lagu-lagu yang merupakan hasil kolaborasinya dengan rapper dan musisi-musisi lainnya.

Ecko Show dan Young Lex adalah rapper idolanya. Sejak masih duduk di bangku sekolah dasar (SD), telinga Datgyal telah terbiasa mendengar  beat-beat musik rap dari berbagai rapper idolanya.

Datgyal (Foto. Dokpri)

 

Dan perlahan tapi pasti, Datgyal pun mulai memberanikan diri untuk membuat lagu rap sendiri. Dari beat-beat kosong yang ia dapatkan di Youtube, Datgyal pun mulai menulis lirik dan membuat nadanya.

“Saya semua otodidak. Bikin lirik dan nyari nadanya kayaknya gampang aja. Mungkin karena sudah biasa dengerin musik rap dari kecil,” tutur Datgyal.

Kemunculan perdananya pun langsung mencuri perhatian. Wajar memang, rapper wanita memang cukup langka di Indonesia. Karena keunikannya tersebut, gadis kelahiran 17 Februari 2003 ini mulai mendapat tawaran untuk tampil di klub-klub yang banyak terdapat di Bali. Datgyal juga mulai bergabung dengan komunitas rapper dan hip hop di Bali.

“Mungkin karena melihat aku wanita, mereka support. Aku merasa beda. Aku merasa rapper cewek itu nggak akan pernah tenggelam,” jelas Datgyal.

Datgyal (Foto. Dokpri)

 

Namun menjadi rapper wanita ternyata tak selalu berjalan mulus. Beberapa kali Datgyal mengalami kendala dalam berkarya. Salah satunya adalah saat harus berkolaborasi dengan para rapper cowok.

”Karena lingkunganku cowok semua, kadang susahnya kalau mereka punya pacar. Ijinnya susah jika bikin project sama aku. Jadi agak lama karena nggak enak sama pacarnya,” kata Datgyal sambil tertawa.

Beruntung, keinginannya untuk menjadi rapper mendapat dukungan penuh dari kedua orangtuanya. Support keluarga tersebutlah yang semakin memacu semangat Datgyal dalam berkarya.

“Cita-cita saya sih ingin masuk label. Saya ingin buktikan jika wanita bisa jadi rapper dan bisa diterima. Karena itu sekarang saya menunda kuliah demi karir saya ini,” tegas Datgyal.

 

Written By: Nicko Show - IDE TIMUR