Mixtape.
Aliquam lorem ante, dapibus in, viverra quis, feugiat a, tellus. Phasellus viverra nulla ut metus varius laoreet quisque rutrum. [vc_empty_space height="34px"]

Suka Tantangan, Nadaa Pilih Menjadi Rapper Wanita

Nicko Show - IDE TIMUR

IDE Timur – Musik Hip Hop tak hanya didominasi oleh kaum pria saja. Buktinya, rapper-rapper wanita pun mulai bermunculan. Dan kemunculan mereka tentu membawa warna tersendiri bagi musik jenis ini.

Para rapper wanita ini mampu membuktikan jika kemampuan mereka tak kalah dari para rapper pria. Salah satu rapper wanita yang mencuri perhatian adalah Nuraisa Abdul Azis. Wanita yang akrab dipanggil Nadaa ini memang cukup unik dan berbeda dari rapper-raper wanita lainnya.

Dari segi penampilan, keunikan Nadaa sudah cukup terlihat. Perempuan berusia 21 tahun ini konsisten dengan penampilan tertutupnya, yaitu mengenakan hijab dipadu dengan topi yang memang menjadi andalannya di panggung maupun music video.

Untuk kualitas tentu tak perlu diragukan lagi. Nadaa piawai dalam beryanyi, ng-rap, dance dan bahkan mampu menguasai berbagai bahasa seperti Inggris dan Korea. Namun jauh sebelum dikenal sebagai rapper wanita, salah satu personil dari Rapper Kampung ini lebih dahulu dikenal sebagai seorang dancer.

Nadaa memang sangat menyukai dance. Bahkan ia tergabung dalam komunitas dancer bernama Gorontalo Dance Foundation. Hingga akhirnya, komunitasnya tersebut mendapat tawaran untuk bekerjasama untuk tampil dalam video klip Ecko Show.

”Jadi awalnya Kak Ecko bikin video klip konsepnya dance hip hop. Kebetulan komunitas yang dipanggil itu Gorontalo Dance Foundation,” ujar Nadaa.

Nadaa (Foto. Dokpri)

 

Dari sana lah awal karir Nadaa dalam musik Hip Hop dimulai. Beberapa bulan setelah tampil dalam video klip Ecko Show, Nadaa mendapat tawaran untuk bergabung dengan Rapper Kampung.

Padahal sebelumnya, Nadaa mengaku belum pernah ng-rap. Nadaa hanyalah penikmat musik  Hip Hop saja.

“Waktu itu ditanyain bisa nge-rap nggak? Aku bilang dibisa-bisain aja,” kata Nadaa sambil tertawa.

Sebenarnya Nadaa sempat merasa ragu. Ia takut jika dirinya akan mengecewakan banyak orang. Namun kesempatan tersebut tentu tak dapat ia lewatkan begitu saja.

Walau selama ini berprofesi sebagai dancer, namun Nadaa tak asing dengan musik Hip Hop. Kakak kandungnya adalah pecinta musik Hip Hop. Karena itu, sejak kecil Nadaa telah terbiasa mendengarkan musik dengan genre tersebut.

Nadaa (Foto. Dokpri)

 

Nadaa mengaku takjub setiap mendengar ada orang yang mampu mengucapkan kalimat dengan cepat namun dengan alunan nada yang berirama.

“Saya itu suka tantangan. Kira-kira bisa nggak ya nyanyi cepet kayak gitu. Ngerasa keren aja bisa ucapkan kalimat dalam beberapa menit,” ujar Nadaa.

Sejak SMA, Nadaa pun mulai sering mengasah kemampuannya dalam bernyanyi. Terutama untuk musik rap.  Dan kini usahanya tersebut tak sia-sia. Nadaa menjadi rapper wanita andalan Rapper Kampung.

Kemunculannya pun mulai menjadi pembicaraan banyak orang. Melalui lagunya yang berjudul Visi Misi Foya-Foya, nama Nadaa mulai dikenal banyak orang. Bahkan lagu tersebut telah ditonton sebanyak 3 juta kali. Hingga kini, Nadaa pun telah memiliki beberapa lagu sendiri yang semakin menunjukan eksistensinya dalam musik hip hop.

“Memang sih masih banyak komentar miring. Ada aja yang komentar, “perempuan mendingan nggak usah nge rap”. Ada lagi yang bilang, “mending sekolah aja,” ungkap Nadaa.

 

Written By: Nicko Show - IDE TIMUR