Mixtape.
Aliquam lorem ante, dapibus in, viverra quis, feugiat a, tellus. Phasellus viverra nulla ut metus varius laoreet quisque rutrum. [vc_empty_space height="34px"]

Ayi Kreepek : Mantan Rocker Yang Beralih Ke Musik Hip Hop

Nicko Show - IDE TIMUR

IDE Timur – Di tahun 90-an hingga awal 2000-an, musik rock begitu mendominasi di Indonesia. Wajar jika anak-anak muda di era tersebut sangat menggemari musik ini.

Begitu pula dengan Ayi  Kreepeek. Awalnya, pria asal Gorontalo ini memang sangat tergila-gila dengan musik rock. Sejak masih duduk di bangku sekolah dasar, pria bernama asli Ali Ridwan ini telah terbiasa mendengarkan musik rock.

Ayahnya adalah seorang pemain gitar. Sang ayah juga memiliki band sendiri yang kerap memainkan musik-musik rock. Dan di rumah, Ayah Ayi kerap memutarkan musik rock.

Mungkin karena terlalu sering mendengarkan musik rock, Ayi pun mulai jatuh cinta dengan genre musik tersebut. Beranjak dewasa, Ayi pun mulai membentuk band sendiri.

Dan tentu saja, musik rock adalah musik-musik yang ia mainkan. Bersama bandnya, Ayi kerap mengikuti festival-festival yang banyak diadakan di kota kelahiranya.

“Saya kadang jadi vokalis, kadang jadi bassis juga. Waktu itu masih SMA. Kita mainin Metallica, Jamrud, dan lain sebagainya,” kenang Ayi.

Ayi Kreepeek (foto. Dokpri)

 

Ayi memang sangat menyukai musik-musik keras. Tak hanya bernyanyi, Ayi juga kerap mengulik permainan mereka dengan menggunakan gitar.

Namun di tahun 2004, segalanya berubah. Seorang teman mengenalkannya dengan musik Hip Hop. Saat itu, musik Hip Hop memang mulai disukai oleh anak-anak muda di Gorontalo.

Awalnya, Ayi  sama sekali tak paham dengan musik Hip Hop. Musik tersebut terasa begitu asing di telinganya.

“Kita dengerin lagu Hip Hop. Ini lagu apaan? seperti apa itu? Kita dengerin musiknya Tupac Shakur,” ujar Ayi.

Walau terdengar asing, diam-diam Ayi pun mulai menyukainya. Dan perlahan tapi pasti, Ayi benar-benar mulai “diracuni” musik-musik Hip Hop.

“Wah enak juga ini musiknya. Pada waktu itu di Gorontalo itu jamannya musik itu. Makin kesini aku ngerasa keren juga,” kata Ayi sambil tertawa.

Ayi Kreepeek (Foto. Dokpri)

 

Namun peralihan dari musik rock ke musik Hip Hop tentu tak mudah. Musik Hip Hop banyak mengandalkan teknologi.

Di awal, Ayi mengaku sempat kesulitan. Terlebih saat harus membuat beat dan lagu sendiri. Nyaris dua tahun proses belajar yang harus dilakukan olehnya. Hingga pada akhirnya, Ayi pun mulai terbiasa dengan segala prosesnya.

”Saya belajar dari awal lagi. Kesulitan juga sih, tapi saya pengen belajar. Tambah dipaksa-paksa sama teman.  Apa boleh buat. Akhirnya bisa bikin lagu bikin pakai gitar dulu,” beber Ayi.

Bersama kedua temannya, Ayi membuat grup Hip Hop bernama Kreepeek. Mereka pun mulai memproduksi lagu dan diedarkan dalam bentuk CD di berbagai wilayah di Sulawesi.

Kini Ayi bahkan telah memiliki YouTube channel sendiri. Sebanyak lima album telah ia miliki dengan genre musik Hip Hop yang mengarah kepada Disko Tanah yang memang populer di wilayah Sulawesi.

“Sekarang memang benar-benar sudah Hip Hop.  Lirik lagu yang saya bikin lagu lebih ke nasihat. Ada maknanya lah. Menceritakan kejadian yang saya alami,” ungkap Ayi.

Written By: Nicko Show - IDE TIMUR