Mixtape.
Aliquam lorem ante, dapibus in, viverra quis, feugiat a, tellus. Phasellus viverra nulla ut metus varius laoreet quisque rutrum. [vc_empty_space height="34px"]

Om Iyhoo: Bikin Lirik Perkara Gampang, Namun Untuk Bikin Musiknya, Itu Lain Cerita

Nicko Show - IDE TIMUR

IDE Timur – Banyak musisi yang pandai menulis lirik, namun kesulitan untuk membuat aransemennya. Hal tersebut dialami juga oleh Om Iyhoo di awal-awal karirnya.

Pria asal Flores ini memang sangat menyukai musik. Dan dari dulu, Om Iyhoo termasuk produktif dalam membuat lagu. Bahkan beberapa kali, Om Iyhoo membuat lagu untuk penyanyi-penyanyi lain.

Mayoritas lagu-lagu yang diciptakannya adalah lagu daerah. Untuk urusan membuat lirik, Om Iyhoo memang tak pernah kesulitan. Semua fenomena dalam hidup dapat menjadi inspirasi bagi dirinya untuk dijadikan lagu.

Namun ketika harus memikirkan aransemenya, itu sudah lain cerita. Om Iyhoo mengaku terbiasa membuat lagu hanya bermodalkan gitar saja. Padahal musik yang ia usung adalah musik hip hop. Alhasil, untuk untuk memikirkan aransemennya, Om Iyhoo harus memutar otaknya.

Om Iyhoo (Foto. Dokpri)

 

“Sebelumnya memang ciptain karya yang tayang di channel teman. Jadi udah bisa ciptain lagu sendiri, tapi belum ada instrumennya. Masih pusing mau bikin instrumennya,” ungkap pria bernama asli Yoseph Kosta Yoram ini.

Di tahun 2021, Om Iyhoo berkenalan dengan produser yang juga beat maker bernama Chito Deona. Om Iyhoo mengaku banyak belajar mengenai bagaimana membuat lagu yang baik. Perlahan tapi pasti, Om iyhoo mulai paham dalam membuat aransemen musik hip hop. Saat itulah, ia mulai memberanikan diri untuk membuat channel YouTube sendiri.

“Waktu itu belum ada kenalan. Kita ketemu, kenalan kita langsung bikin project. Dia yang ajarin saya untuk bisa menyanyi dan membuat lirik,” tutur Om Iyhoo.

Om Iyhoo (Foto. Dokpri)

 

Genre musik hip hop pun dipilihnya. Namun hip hop ala Om Iyhoo sedikit unik. Jika didengarkan dengan seksama, musik hip hop garapan om Iyhoo lebih mengarah ke dangdut.

“Genre lebih ke hip hop, lebih ke dangdut. Menyesuaikan yang kita punya. Dan menyesuaikan dari daerah juga,” jelas Om Iyhoo.

Kini sudah sebanyak 15 lagu ia miliki. Belum lagi lagu-lagu yang dinyanyikan oleh musisi-musisi lain. Selain fokus dengan hip hop, om Iyhoo juga mengaku masih mengerjakan permintaan untuk membuat lagu-lagu daerah.

 

Written By: Nicko Show - IDE TIMUR