Mixtape.
Aliquam lorem ante, dapibus in, viverra quis, feugiat a, tellus. Phasellus viverra nulla ut metus varius laoreet quisque rutrum. [vc_empty_space height="34px"]

“Api Dari Kei” Jadi Bukti Jika Wenro H Ingin terus Melestarikan Sejarah Tanah Kelahirannya

Nicko Show - IDE TIMUR

IDE Timur – Permintaan dari keluarga untuk tidak melupakan tanah kelahirannya terus dipegang teguh oleh Wenro H. Sejak merantau ke kota Yogyakarta dan memilih untuk berkarir sebagai musisi, keluarga Wenro di Maluku Tenggara memang memiliki permintaan khusus.

Mereka ingin lagu-lagu Wenro sebagian menceritakan mengenai sejarah, tempat atau peninggalan lama mengenai tanah kelahirannya. Dan setelah lagu “Tombak Kei” yang menampilkan tarian-tarian adat Kei, Wenro kembali merilis sebuah lagu yang berjudul “Api Dari Kei” yang ia nyanyikan bersama Klin Of Phsyco.

Wenro memang berasal dari Kei, sebuah gugusan pulau di kawasan tenggara Maluku. Seperti halnya “Tombak Kei”, dalam lagunya yang berjudul “Api Dari Kei” ini, nuansa tradisional jelas terasa.

Di bagian intro, Wenro memasukan beberapa instrumen tradisional. Tak hanya itu, dalam music videonya, Wenro juga tetap menampilan tarian-tarian perang khas masyarakat Kei.

Wenro H (Foto. Dokpri)

 

“Kalau saya tidak perduli sama omong kosong, ujung-unjungnya Zonk. Saya pakai kultur dari Kei,” kata Wenro menceritakan mengenai lagunya.

Lagu ini memang bernada sindirian. Jika didengarkan dengan seksama, lagu ini penuh dengan emosi yang mengebu-gebu. Apalagi dikemas dengan aransemen yang penuh semangat.

Awalnya, Wenro ingin menampilkan sebuah konsep perang dalam video klipnya. Perang antar gengster seperti yang kerap terjadi di era modern saat ini.

Wenro H (Foto. Dokpri)

 

 

Namun karena satu dan lain hal, konsep tersebut tak jadi ia terapkan. Meski secara visual banyak terjadi perubahan, namun ketika mendengar lagu ini, nuansa tradisional yang disuguhkan oleh Wenro tetaplah terasa.

“Liriknya itu kultur sekali. Jadi orang tetap mengerti ini lagu bercerita mengenai apa,” ungkap Wenro.

Wenro berharap jika apa yang dilakukannya dengan terus mengangkat tradisi tanah kelahirannya dapat mengangkat nama Kei dan membuat masyarakat Kei bangga.

“Saya berharap nama Kei bisa terdengar. Mudah-mudahan ke seluruh dunia. Orang sendiri kan lebih suka lagu barat, makanya saya buat lagu seperti ini,” ucap Wenro.

 

Written By: Nicko Show - IDE TIMUR