Mixtape.
Aliquam lorem ante, dapibus in, viverra quis, feugiat a, tellus. Phasellus viverra nulla ut metus varius laoreet quisque rutrum. [vc_empty_space height="34px"]

“Freestyle” Bikin Al Zabran Ngerap terus Tanpa Henti

Nicko Show - IDE TIMUR

IDE Timur – Sebuah lagu berjudul “Freestyle” baru saja dirilis oleh Al Zabran. Lagu ini cukup berbeda dengan lagu-lagu Al Zabran sebelumnya.

Freestyle mengutamakan kemampuan Al Zabran dalam mengolah vokalnya. Dari awal hingga akhir, Al Zabran memang dituntut nge-rap terus tanpa henti.

Tak main-main, kosa kata yang dilantunkannya pun terbilang super cepat. Bahkan bila dicermati, lagu ini sama sekali tak memiliki chorus.

“Pokoknya lebih menyerang. Jadi memang freestyle gitu. Lebih garang yang ini,” ungkap Al Zabran.

Lagu ini sebenarnya adalah lagu lama. Dibuat di bulan Mei 2021, lagu ini cukup lama disimpan oleh Al Zabran.

Dan baru kali inilah ia sempat mengupload di channel YouTube miliknya. Idenya sendiri datang dari salah satu rapper luar negeri yang memang telah menjadi idolanya sejak lama.

Al Zabran (Foto. Dokpri)

 

“Jadi dia suka bikin lagu tipe gitu.  Kebetulan itu lagu lama dan baru ada kesempatan uploadnya,” ungkap Al Zabran.

Tak ada kesulitan yang berarti dalam proses pembuatannya.  Untuk liriknya, Al Zabran menggabungkan aksen Papua dengan bahasa Indonesia baku dan sedikit unsur Inggris.

Hal tersebut dilakukan agar ia lebih mudah mengucapkannya. Wajar memang, lagu ini membutuhkan speed yang tinggi dalam menyanyikannya.

“Jadi liriknya menyerang seseorang, memberitahu bahwa kamu itu bukan siapa-siapa.  Jangan songong lah,” kata Al Zabran sambil tertawa.

Al Zabran (Foto. Dokpri)

 

Namun siapa sangka, lirik yang dibuat tersebut adalah berdasarkan pengalaman pribadi Al Zabran sendiri.  Karena semua adalah berdasarkan pengalaman pribadi, tak butuh waktu lama bagi Al Zabran untuk menyelesaikan liriknya.

“Cuma satu jam-an saja. Jadi gampang kalau kita ingat-ingat yang terjadi. Biasa, kalau dikarang lebih susah,” tutur Al Zabran.

Untuk proses rekamannya sendiri, Al Zabran memiliki trik tersendiri. Lagu tersebut direkam per delapan bar sekali. Trik tersebut dilakukan agar Al Zabran tak kehilangan nafas saat menyanyikannya. Dan ternyata, trik juga berlaku dalam penulisan liriknya.

“Jadi saya menghindari pemilihan huruf seperti H dan A. Huruf itu kan memakan nafas yang panjang.  Pemilihan kata-kata mengurangi huruf yang makan nafas,” beber Al Zabran.

Lantas, bagaimana bila Al Zabran harus menyanyikan lagu ini untuk keperluan off air? “Setiap bikin lirik saya mikirinya untuk keperluan manggungnya nanti. Bisa lah diatur,” kata Al Zabran sambil tertawa.

 

Written By: Nicko Show - IDE TIMUR