Mixtape.
Aliquam lorem ante, dapibus in, viverra quis, feugiat a, tellus. Phasellus viverra nulla ut metus varius laoreet quisque rutrum. [vc_empty_space height="34px"]

Lepas Dari Lagu Cinta, Juan Reza Ciptakan “Moke Jahat”

Nicko Show - IDE TIMUR

 

IDE Timur – Tak ada salahnya jika sekali-kali membuat konsep yang berbeda. Mungkin biasanya, Juan Reza kerap berkutat dengan lagu – lagu cinta. Namun dalam rilisan terbarunya, pria asal Nusa Tenggara Timur ini menjadikan minuman khas dari daerah asalnya sebagai inspirasi dalam membuat lagu.

Lagu yang berjudul “Moke Jahat” ft. Tian Dj, Geby Wuy, Joffyanos, dan Zhawi Swag ini cukup unik karena bercerita mengenai dasyatnya reaksi dari minuman keras NTT. Moke ternyata adalah nama minuman tradisional yang telah diwariskan secara turun temurun oleh masyarakat Flores.

Minuman tersebut sangat terkenal dan cukup berkelas di sana. Cara pembuatannya pun cukup tradisional. Dibuat dari pohon Aren yang disuling hingga diambil tetesan embunnya. Kadar alkohol yang dihasilkan pun tak main – main. Konon kabarnya hingga mendekati 100 persen !!

Dan dapat ditebak, reaksinya pastilah sangat dasyat.  Berbagai macam reaksi yang ditunjukan oleh orang yang meminum Moke pun menjadi inpirasi bagi Juan Reza untuk menciptakan lagu “Moke Jahat”.

“Saya menceritakan itu dan minuman itu sering diminum oleh anak-anak NTT. Kalau ada acara, pasti minum Moke. Kadang ketagihan, masuknya enak, yang cupu jadi jago,” ungkap Juan Reza.

Juan Reza (Foto.Dokpri)

 

Namun ternyata, ada sebuah cerita dibalik terciptanya lagu ini. Juan Reza mengaku ide sesungguhnya justru datang dari sahabatnya yang sering meminum minuman keras.

Suatu hari, saat baru pulang kerja, Juan Reza mendapati sahabatnya tersebut di kamar pribadinya. Tingkah lakunya pun sedikit aneh dan mencurigakan.

“Nggak biasanya dia ngomong banyak. Aku nggak tahu kalu dia mabok. Rupanya dia sudah duduk di belakang sambil bertingkah aneh. Disitu keluar ide bikin lagu ini,” kata Juan Reza sambil tertawa.

Esoknya, Juan Reza pun langsung menulis lirik dan membuat musiknya. Hanya dalam waktu dua hari saja, lagu ini pun rampung dibuat.

Juan Reza (Foto. Dokpri)

 

“Aku mau bikin lagu cinta, ah sabar dulu bikin yang lain dari yang lain aja. Simple tapi ada kesan dan pesannya,” jelas Juan Reza.

“Kan kemarin – kemarin saya main lagu cinta. Coba saya mainkan ciri khas Flores aja,” sambungnya.

Lagu ini pun dibuat sebagai pengingat dan kontrol diri bagi anak – anak muda NTT yang memang gemar mengkomsumsi Moke. Juan Reza berharap jika lagu ini bisa menjadi acuan agar mereka bisa sadar akan bahaya Moke.

“Ceritanya kalau mau minum itu jangan terlalu banyak. Cukup merasakan aja itu bahaya. Kadang sampai meninggal karena minum alkohol,” tegas Juan Reza.

 

Written By: Nicko Show - IDE TIMUR