Mixtape.
Aliquam lorem ante, dapibus in, viverra quis, feugiat a, tellus. Phasellus viverra nulla ut metus varius laoreet quisque rutrum. [vc_empty_space height="34px"]

Setelah Suling, Kini Dj Rean Gabungkan EDM Dengan Angklung

Nicko Show - IDE TIMUR

 

IDE Timur – Keinginan Dj Rean untuk kembali berkolaborasi dengan musisi muda yang setia memainkan alat musik tradisional kembali terwujud. Sebelumnya, Dj Rean memang sempat berkolaborasi dengan musisi Batak bernama Anju Simanjuntak.

Keduanya menghasilkan sebuah komposisi yang berjudul “Persembahan Semesta”. Saat itu permainan suling dari Anju Simanjuntak dikemas dengan musik EDM yang diramu oleh DJ Rean.

Ya, Anju Simanjuntak memang pemain suling yang kerap mengisi acara-acara adat masyakarat Batak.

Dan kini, Dj Rean kembali berkolaborasi dengan musisi muda lainnya yang setia di jalur alat musik tradisional. Baru-baru ini, DJ Rean berkolaborasi dengan Manshur Angklung dimana musik EDM dikemas dengan sentuhan angkung dan alat musik hasapi.

“Saya memang misinya merangkul anak muda yang memainkan alat musik tradisional. Mengangkat mereka dengan menggabungkan dengan EDM. Nggak hanya dari Batak saja, mungkin dari seluruh Indonesia,” ujar DJ Rean.

DJ Rean (Foto. Dokpri)

 

Kolaborasi antara DJ Rean dengan Manshur Angklung sebenarnya bukan dalam bentuk sebuah single. Komposisi unik yang mereka suguhkan tersebut berupa lagu remix yang yang ditampilkan dalam sebuah acara televisi.

Semua berawal dari Manshur Angklung yang lebih dahulu diundang untuk tampil di sebuah program bertajuk “Ketawa Itu Berkah”. Saat itu, timbulah ide untuk menggabungkan musik EDM dengan alat musik angklung yang biasa dimainkan oleh Manshur.

Semua terjadi secara dadakan. Dj Rean mengaku baru dihubungi beberapa jam sebelum syuting dimulai.

“Kalau kesulitannya mungkin lebih ke persiapan musiknya ya. Karena dadakan,” kata DJ Rean sambil tertawa.

Beruntung, sebelumnya DJ Rean memang telah mengenal Manshur Angklung. Di sebuah acara, DJ Rean melihat sosok Manshur sebagai anak muda yang gigih memperkenalkan budaya.

DJ Rean (Foto. Dokpri)

 

Keduanya pun telah sepakat untuk berkolaborasi. Dan sebenyak lima lagu telah mereka persiapkan.

“Tapi saat itu yang dipilih sama pihak televisi adalah lagu remix. Mungkin mereka melihat dari sisi komersilnya,” tutur Dj Rean. .

Sekedar informasi, mengusung genre musik EDM, Rean memang selalu memberikan sentuhan yang berbeda dengan memasukan instrumen hasapi dalam setiap karyanya. Alat musik hasapi sendiri adalah alat musik petik dengan dua senar yang merupakan instrumen tradisional Batak Toba.

“Kedepannya saya akan selalu berusaha untuk berkolaborasi lagi dengan para musisi yang memang memainkan alat musik tradisonal,” ujar Dj Rean.

 

Written By: Nicko Show - IDE TIMUR