Mixtape.
Aliquam lorem ante, dapibus in, viverra quis, feugiat a, tellus. Phasellus viverra nulla ut metus varius laoreet quisque rutrum. [vc_empty_space height="34px"]

Riyan Brebet : Lagu Pertama, Laptop Pertama

Nicko Show - IDE TIMUR

 

IDE Timur – Tidak punya fasilitas bukan berarti tidak bisa berkarya. Setidaknya itulah yang telah dibuktikan oleh Riyan Brebet. Pemuda asal kota Gorontalo ini awalnya memang tidak punya apa-apa.

Semua hanya bermodalkan niat saja.  Namun justru itulah kuncinya. Niat dan semangat akhirnya mengantarkan Riyan Brebet sebagai penyanyi sekaligus pencipta lagu yang kerap menciptakan lagu untuk para musisi-musisi lainnya.

Awalnya, Riyan Brebet memang hanya sekedar penggemar musik saja. Namun keinginan tahuannya mengenai  proses produksi dalam pembuatan musik mengantarkannya menjadi musisi  yang sesungguhnya.

Warung Internet (Warnet) menjadi tempatnya berkarya. Di tempat tersebutlah, Riyan Brebet mempelajari segala sesuatu mengenai pembuatan musik.

“Saya punya niat, gimana buat musik aja. Saya mikir nggak punya apa-apa, adanya niat doang. Bodo amat, belakang itu soal laptop dan lainnya. Saya lihat tutorialnya, saya datang ke warnet buat lagu,” beber Riyan Brebet.

Riyan Brebet (Foto. Dokpri)

 

Tentu saja prosesnya tidak sebentar. Butuh beberapa tahun hingga Riyan Brebet mahir dalam membuat lagu. Dan seperti yang lainnya, Riyan Brebet pun sempat mengalami rasa kurang percaya diri terhadap karya-karyanya sendiri.

Hal tersebutlah yang membuat dirinya memutuskan untuk me-remix karya-karya orang lain. Hingga suatu saat, sebuah komunitas musik di Gorontalo memintanya membuatkan lagu untuk mereka.

“Saya disuruh bikin lagu buat mereka. Sebelum itu saya cari uang dulu buat beli Laptop. Nggak dapat uang  terpaksa kredit. Lagu pertama, laptop pertama,”  kata Riyan Brebet sambil tertawa.

Kesempatan itu memang tak disia-siakan oleh Riyan Brebet. Dan untuk hasil yang maksimal, ia terpaksa membeli sebuah laptop. Meskipun dengan cara kredit. Dan lagu berjudul “Pasukan Damai Batudaa” pun tercipta.  Lagu tersebut merupakan lagu pertama yang diciptakan oleh Riyan Brebet. Dan proses pembuatannya juga dilakukan dengan laptop pertama yang pernah dimilikinya.

“Mereka hanya bayar 100 ribu aja. Saya pikir banyak. Eh tahu-tahunya ada lagi yang datang minta bikinin lagu.,” jelas Riyan Brebet.

Riyan Brebet (Foto. Dokpri)

 

Awalnya, Riyan Brebet memang sempat pesimis. Namun beberapa bulan berlalu, tiba-tiba lagu tersebut viral di aplikasi Tiktok. Sebagai pemula, Riyan Brebet pun mulai menuai hasilnya.

“Lagunya akhirnya viral. Bahkan sampai ke Korea. Dari situ saya akhirnya dapat hasilnya. Cair dapat royalti. Langsung bisa ngelunasi laptop,” kata Riyan Brebet sambil tertawa.

Memulai karir dari lagu remix, Riyan Brebet pun akhirnya mulai percaya diri untuk membuat karya sendiri. Genre Disko Tanah pun dipilihnya. Dan viralnya lagu berjudul “Pasukan Damai Batudaa” akhirnya membuat dirinya tersadar jika ia memang memiliki bakat di bidang musik.

“Ah akhirnya saya punya bakat disini. Apa susahnya saya terusin sendiri. Dulunya saya nge-remix doang, bukan original,” tutur Riyan Brebet.

 

Written By: Nicko Show - IDE TIMUR