Mixtape.
Aliquam lorem ante, dapibus in, viverra quis, feugiat a, tellus. Phasellus viverra nulla ut metus varius laoreet quisque rutrum. [vc_empty_space height="34px"]

Setelah Manado, Kolaborasi Toton Caribo Dengan Gihon Marel Gemparkan Jagat Maya

Nicko Show - IDE TIMUR

IDE Timur – Event Move It Fest 2022 Chapter Manado memang telah usai. Event yang digelar pada 15 Oktober 2022 dan mengambil lokasi di Pohon Kasih Megamas Manado, Sulawesi Utara ini memang cukup sukses.

Terbukti, ribuan orang berdatangan untuk menonton konser yang diprakarsai oleh IDE Timur ini. Meski telah berlalu, namun Euforia acara ini masih terasa. Video penampilan Toton Caribo dan penyanyi cilik Gihon Marel saat membawakan lagu yang berjudul “Da Baby” dalam Move It Fest 2022 yang diunggah dalam channel YouTube TC Creative langsung trending. Usai acara, IDE Timur memang langsung merilis VOD penampilan dari beberapa musisi yang tampil dalam Move It 2022. Konsep ini memang menjadi salah satu unggulan dalam gelaran Move It 2022 yang masih sangat jarang diterapkan dalam konser-konser musik lainnya.

Toton Caribo dan Gihon Marel memang menjadi penyanyi yang cukup ditunggu-tunggu dalam acara tersebut. Seperti diketahui, Toton memiliki banyak penggemar yang tersebar di seluruh timur Indonesia.

Sedangkan Gihon adalah penyanyi cilik yang sempat viral lantaran mencover lagu “Bale Pulang 2” milik Toton. Lagu “Da Baby” sendiri adalah lagu lama yang diciptakan oleh Toton.

Lagu tersebut terinspirasi dari rapper asal Amerika Serikat bernama DaBaby. Karena sangat mengidolakan DaBaby, Toton pun membuat lagu dengan judul yang sama dengan idolanya tersebut.

“Tapi stylenya beda dan punya makna sendiri. Intinya lagu ini menceritakan mengenai wanita yang selalu bilang ke sana-sini jika dirinya jomblo.  Tapi sebenarnya dia nggak jomblo.  Da Baby itu seperti kita mengungkapkan “dada..bye…bye”,” ujar Toton.

Tak pernah terbayangkan sebelumnya dalam benak Toton jika lagu ini akan viral. Saat itu. Sebagai musisi, Toton hanya menciptakan lagu sesuka hatinya saja. Tanpa ada maksud dan tujuan tertentu.

“Saya nggak ada ekspektasi seperti itu karena itu lagu lama. Nggak tahu bakalan viralnya kapan. Dan kebetulan ini naiknya waktu sama Gihon dan pada saat Move It Fest. Kaget sih bisa trending seperti itu,” ungkap Toton.

Toton Caribo (Foto. Dokpri IDE Timur)

 

Lagu “Da Baby” yang dinyanyikan Toton dengan Gihon memang cukup unik. Tak hanya dari segi liriknya saja. Namun juga untuk urusan musiknya.

Lagu tersebut dibalut dengan genre musik yang tak biasa. Setidaknya untuk para musisi Indonesia Timur.

“Lagu ini sebenarnya di musik timur  genre yang benar-benar  fresh. Nggak kayak musik timur lainnya. Masih ada unsur R n B dan benar-benar baru di musik timur,” terang Toton.

Dan agaknya Toton dengan Gihon memang berjodoh. Meskipun terpaut usia yang cukup jauh, namun keduanya bisa saling melengkapi.

Menurut Toton, Gihon adalah salah satu musisi muda yang sangat berbakat. Di usianya yang masih menginjak 12 tahun, Gihon telah memperlihatkan kualitasnya sebagai penyanyi profesional.

“Gihon itu punya bakat alami. Meski masih muda, dia paham ketika saya nggak kuat di nada ini, Gihon yang backup. Begitu juga sebaliknya. Jadi nggak susah ngaturnya. Karena bakat alami sih. Karena karakter suaranya beda banget,” ungkap Toton.

Gihon Marel (Foto. Dokpri IDE Timur)

 

Pertemuan antara Toton dengan Gihon sebenarnya terjadi secara tak disengaja. Saat itu Gihon bermaksud hendak mencover lagu Bale Pulang 2 milik Toton. Melalui seorang teman, mereka pun diperkenalkan. Dan Toton mengaku langsung terkesima dengan bakat yang dimiliki oleh Gihon.

“Baru pertama kali ketemu Gihon waktu diundang ke Jakarta di salah satu acara televisi. Dari awal sudah senang sama suara dan bakat alami dari Gihon. Karena selain bisa nyanyi pop, dia bisa nyanyi hip hop,” kata Toton mengungkapkan kekagumannya.

Dari sanalah, project mereka akhirnya dimulai. Kolaborasi antara Toton dengan Gihon pun dapat didengar dari beberapa lagu yang dinyanyikan oleh mereka berdua.

“Gihon ini jangan sama kayak saya karena saya nggak bisa apa-apa. Nyanyi nggak enak, cuma bisa bikin lagu. Pengen bisa semuanya, bisa komposisi. Saya yakin Gihon akan lebih besar dari saya. Ingin dia bisa banyak skill. Gihon bisa menjadi penerus musisi timur yang berbakat dan bisa lebih bersinar lagi,” harap Toton.

 

Written By: Nicko Show - IDE TIMUR