June 13, 2024
A BIT

Kaf G : Ngunyah Permen Karet Itu Wajib !!

IDETIMUR – Setiap musisi pasti memiliki kebiasaan tersendiri pada saat manggung. Wajar saja, setiap performer pasti berusaha menyuguhkan penampilan yang maksimal saat berada di atas panggung.

Karena itu, mereka tentu butuh ‘ritual’ khusus agar lebih tenang saat memukau penonton. Tak jarang kebiasan-kebiasan yang dilakukan cukup nyeleneh atau tidak biasa.

Seperti yang dilakukan oleh Kaf G. Rapper yang satu ini memiliki kebiasaan mengunyah permen karet sebelum ia manggung. Dan hal tersebut ternyata menjadi hal yang wajib ia lakukan lho!

“Pokoknya ngunyah bubble gum itu wajib sih bagi saya. Kayak buat pemanasan lidah biar ngerapnya di panggung nggak ribet,” kata Kaf G sambil tertawa.

Kaf G (Foto. Instagram)

Lagu-lagu ciptaan Kaf G memang memiliki ciri khas yang unik. Musiknya cenderung keras dan memacu andrenalin. Liriknya pun sarat makna dan bernada kritikan.
Hal tersebutlah yang membuat karya-karya Kaf G memiliki karakter yang cukup kuat.

Dan kebiasaan mengunyah permen karet ternyata sudah cukup lama dilakukan oleh Kaf G. Kebiasaan tersebutlah yang akhirnya menimbulkan ide untuk dijadikan sebuah ritual sebelum manggung.

“Tapi itu berguna banget untuk persiapan sebelum perfom. Karena mulut bisa rileks. Saya ngunyah sesaat sebelum perform. Bukan pas perform. Kalau nyanyi susah untuk ngerapnya,” ungkap Kaf G.

Kaf G (Foto. Dokpri)

Sesaat sebelum naik ke panggung, permen karet tersebut langsung dibuang olehnya. Kaf G sadar jika bernyanyi sambil mengunyah permen karet tentu akan menyulitkannya.

“Alhamdulillah sih belum pernah ketelen. Karena setiap mau perform saya buang permen karetnya. Itu bisa ganggu saat perform. Tapi keseharian saya ngunyah permen karet. Itu penting buat pemanasan mulut. Untuk rapper kan liriknya padet dengan tempo cepat. Jadi mulut harus rileks,” ucap Kaf G.

Sambil tersenyum Kaf G mengaku jika dirinya sempat lupa membawa permen karet saat ingin manggung. Jelas, hal tersebut langsung membuat dirinya panik. Namun kini Kaf G telah mendapatkan solusinya. Ketika ketinggalan permen karet, Kaf G akan melakukan Tongue Twister agar lidah dan mulutnya rileks.

Leave feedback about this

  • Rating
X