March 4, 2024
A BIT

Alan3m : Semua Ada Prosesnya

IDETIMUR – Pernah dibayar dengan nasi kotak saat manggung, bahkan pernah diusir dari rumahnya sendiri karena terlalu berisik saat menciptakan lagu tak membuat semangat Alan3m dalam bermusik padam.  Justru sebaliknya, Alan3m semakin tertantang untuk dapat mewujudukan  cita-citanya menjadi pemusik.

Jalan Alan3m dalam bermusik memang penuh liku.  Berawal dari kegemaranya mendengarkan lagu-lagu Manado,  Alan3m mulai memiliki mimpi tersendiri di bidang musik.

Hingga di tahun 2012, Alan3m mulai me-remix lagu milik orang lain. Dan tentunya, semua itu ia lakukan dengan alat seadanya.

Semua ada prosesnya. Numpang di rumah teman hanya pakai laptop dan speaker bluetooth  aja. Setiap lima menit speaker mati. Laptop eror. Untuk rekaman pun hanya memakai satu unit handphone,” kenang Alan3m.

Alan3m (Foto. Dokpri)

Sejak saat itu, Alan3m memang mulai giat mempelajari musik. Meski ia mengaku belum mampu menciptakan lagu sendiri.

Namun sayang, tiba waktunya Alan3m harus memilih. Antara pekerjaan dan  hobinya dalam bermusik. Mencoba berfikir realistis, Alan3m  akhirnya mengesampingkan hobi bermusiknya dan mulai fokus dengan pekerjaannya.

“Tahun 2015 saya  rehat cukup panjang. Sampai 2017. Tanpa sentuh komputer dan lain sebagainya. Saya baru mulai lagi pada tahun 2018,” ungkap Alan3m.

Alan3m memang tak bisa jauh-jauh dari musik.  Ketika pekerjaannya mulai mapan, dan ketika mulai memiliki waktu luang, Alan3m pun melanjutkan hobi bermusiknya.

Kali ini ia tak hanya me-remix lagu orang saja. Alan3m mulai memberanikan diri untuk membuat lagu sendiri. Di tahun 2019, Alan3m mulai membuat channel Youtube sendiri. Dan tanpa disangka, respon postif mulai ia dapatkan dari masyarakat yang mendengarkan lagu-lagunya.

“Saat itu mulai ada perkembangan view di channel. Sebelum 2018 belum ada channel.  Waktu itu ada lagu ciptaan dengan gaya disko tanah,” jelas Alan3m.

Alan3m (Foto. Dokpri)

Alan3m memang mengaku sangat menyukai musik disko tanah. Meski sebelumnya ia juga kerap mengamati musik-musik dengan genre yang berbeda-beda.

“Saya awal berkarya dari disko tanah. Mulai dari komposisi musiknya, nada-nadanya,  flownya.  Karena bermacam-macam variasi nada yang bisa kita lantunkan ke dalam satu track,” ujar Alan3m.

Kegigihan Alan3m tersebut kini memang mulai menuai hasil. Tak terhitung lagi berapa banyak karya yang telah ia ciptakan. Dan yang terpenting, apa yang dilakukan oleh Alan3m tersebut kini telah mendapatkan restu dari keluarganya.

Leave feedback about this

  • Rating
X