May 30, 2024
Song The Hits

Ceritakan Realita di Masyarakat, Van Axxel Rilis Single ‘Gara-Gara Rupiah’

IDETIMUR – Semua orang pasti butuh uang. Dari anak kecil hingga lanjut usia. Mungkin itulah fata yang tak terbantahkan.

Terlebih di jaman sekarang ini. Uang memang menjadi segalanya. Tak hanya untuk bertahan hidup saja, namun uang juga memiliki peran besar dalam gaya hidup kita.

Realita tersebutlah yang akhirnya menginspirasi Van Axxel untuk membuat lagu yang berjudul ‘Gara-Gara Rupiah’.

“Realita masyarakat Indonesia yang nggak bisa bohong kalau kita memang butuh rupiah untuk kehidupan sehari-hari.  Entah untuk makan,  minum ataupun gaya hidup. Semua pasti butuh, nggak bisa bohong,” ujar Van Axxel.

Van Axxel (Foto. Instagram)

Fenomena yang terjadi di masyarakat yang disebabkan oleh rupiah di tangkap oleh Van Axxel dan dirangkumnya menjadi sebuah lirik lagu. Mulai dari kehidupan di jalanan hingga kehidupan kelas atas. Intinya, lagu ini mengajak masyarakat untuk jujur  jika kita semua memang  membutuhkan rupiah.

Memang gara-gara rupiah orang bisa ngapain aja. Itu pendapat aja sih. Ini isitilahnya bukan pamer, tapi menceritakan yang  orang rasakan mengenai rupiah. Itulah yang  terjadi, semua untuk uang,” ungkap Van Axxel.

Lagu ini sebenarnya telah tercipta sejak tiga tahun lalu. Tepatnya saat Van Axxel masih kuliah di semester akhir. Bahkan lagu ini juga sempat ia rilis. Meskipun hanya sebatas audio saja.

Tak sendiri, Van Axxel akhirnya menyanyikan lagu ini bersama Ecko Show. Untuk yang satu ini, Van Axxel memiliki cerita tersendiri.

“Kayaknya cocok nih featuring sama bang Ecko. Kita kan kolabs jarak jauh, ngirim vocal lewat imel. Lagunya memang udah keluar  tapi cuma audio aja,” jelas Van Axxel.

Suatu hari, saat Ecko show sedang berkunjung ke Kupang untuk survey acara MOVE IT FEST yang diadakan oleh IDETIMUR, keduanya pun bertemu.

Van Axxel (Foto. Instagram)

Ecko Show pun langsung tertarik dengan lagu tersebut dan langsung meminta  agar lagu tersebut dibuatkan video klipnya.

“Pas kita ngobrol diputar lagunya, ya udah bikin klip aja mumpug lagi disini. Besoknya langsung bikin. Jadi kita nggak ada persiapan yang kayak gimana-gimana. Pengalaman pertama biin video klip nggak ada persiapan, tapi hasilnya perfect bange t,” kata Van Axxel sambil tertawa.

Lagu ‘Gara-Gara Rupiah’ ini sekaligus menjadi lagu yang paling berbeda dari lagu-lagu yang pernah diciptakan oleh Van Axxel.

“Saya tipikal rapper yang main lagu keras, kritik pemerintah. Sekarang saya sajikan lagu yang berbeda kayak bikin orang joget,” ujar Van Axxel.

Leave feedback about this

  • Rating
X