April 24, 2024
A BIT

SkinnyRush : Dari Underground Berubah Menjadi RnB

IDE TIMUR- Jika mendengar kata SkinnyRush, kita pasti akan langsung berfikir jika ini adalah sebuah grup musik. Namun jangan sangka dulu, SkinnyRush ternyata nama panggung dari musisi asal kota Makasar, Andi Rizal.

Nama SkinnyRush memang cukup unik. Nama tersebut sebenarnya adalah sebuah pernyataan sifat. Skinny yang berarti kurus dan rush yang memiliki makna kesibukan atau desakan.

Dan siapa sangka, sebenarnya sebelum menjadi nama panggung dari Andi Rizal, SkynnyRush dahulunya memang nama sebuah grup. Tepatnya nama sebuah grup yang dihuni oleh dua orang personil.

Sebelumnya, Andi Rizal memang membentuk sebuah grup bersama sahabatnya yang bernama Jaybee. karena postur tubuh sang sahabat yang kurus dan memiliki karakter yang cenderung pintar dan selalu gerak cepat dalam bekerja, akhirnya nama SkinnyRush pun dipilih sebagai nama grup.

“Jadi dia beat maker, kurus kering tapi otaknya encer. Apa yang dipikir hari ini harus jadi hari ini,” ungkap Andi Rizal.

SkinnyRush (Foto. Dokpri)

Dua sahabat tersebut pun mulai mengerjakan musik bersama-sama. Musik-musik old school dan dapat dikatakan sebagai musik underground menjadi benang merah mereka dalam bermusik.

Namun memasuki single ketiga, kebersamaan mereka pun berakhir. Andi Rizal merasa jika antara dirinya dengan Jaybee berbeda visi dan misi.

“Dia lebih underground. Kalau saya lebih ke pasar. Kalau dulu sih memang nggak bisa lepas dari dia,” beber Andi Rizal.

Keduanya memutuskan untuk jalan sendiri-sendiri. Namun Andi Rizal tak ingin melepaskan nama SkinnyRush. Atas ijin Jaybee, ia pun menggunakan SkinnyRush sebagai nama panggungnya.

Bersolo karir, Andi Rizal pun langsung merubah konsep bermusiknya. Namun segalanya tentu tak mudah.

“Saya belajar lagi dari awal. Saya belajar sendiri. Akhirnya saya lebih ke RnB,” ujar Andi Rizal.

SkinnyRush (Foto. Dokpri)

Sebenarnya musik pop lah yang banyak meracuni perjalanan bermusik Andi Rizal. Sejak kecil, Andi Rizal mengaku telah menyukai musik. Dan ia terbiasa mendengarkan musik pop.

“Jadi ayah saya itu kameramen studio. Dia punya studio di Makassar. Studio Wedding. Sedikit banyak ada pengaruhnya sih,” ucap Andi Rizal.

Karir Andi Rizal lebih dahulu dimulai dalam dunia produksi. Bahkan Andi Rizal sempat memiliki production house sendiri.

Namun ia tak menyangkal jika dirinya memang telah jatuh cinta dengan musik. Hingga suatu saat ia menjatuhkan pilihan untuk mendalami musik hip hop.

“Awalnya di Makassar gerakan hip hop lumayan besar. Saya lihat kok genre seperti ini bagus,” beber Andi Rizal.

Andi Rizal pun mulai bergabung dengan komunitas hip hop. Tak hanya itu, ia juga rutin menonton konser-konser yang ada di kota Makassar. Mengaku belajar secara otodidak, Andi Rizal pun mulai mencoba membuat lagu.

Perlahan tapi pasti, lingkungan mulai membentuknya menjadi seorang musisi. Beberapa acara musik pun diikutinya.

“Kita bikin konser di parkiran mall. Akhinya saya yang di atas panggung, bukan lagi jadi penonton. Saya memang suka nonton konser seperti konser undergorund,” ungkap Andi Rizal.

Saat ini, Andi Rizal mengaku cukup nyaman sebagai solois. Bahkan ia merasa jika menjadi solois lebih mudah daripada tergabung dalam sebuah grup.

“Enakan sendiri sih karena apa-apa bisa diputuskan sendiri,” kata Andi Rizal sambill tertawa.

 

Leave feedback about this

  • Rating
X