April 22, 2024
Song The Hits

Berkomitmen Untuk Melestarikan Lagu Daerah, Halim Rasyid Nyanyikan Lagu “Torabua”

IDETIMUR – “Torabua” adalah lagu dari daerah Gorontalo. Lagu ciptaan dari dr Rusli Katili tersebut kini dipopulerkan oleh Halim Rasyid.

Lagu tersebut sebenarnya merupakan lagu lama. Namun selama ini memang belum ada yang mempopulerkannya.

“Torabua” adalah sebuah lagu yang menceritakan mengenai dermaga di Gorontalo dimana sepasang kekasih saling bercanda dan membicarakan mengenai masa depan.

Siapa sangka, Halim Rasyid mendapatkan lagu ini secara tak sengaja. Suatu hari, Halim Rasyid terkesima dengan seorang remaja yang sedang menyanyikan lagu ini.

Halim Rasyid (Foto. Dokpri)

“Awalnya ada pemuda yang menyanyikan dihadapan saya. Pakai gitar. Kayaknya lagunya bagus,” ujar Halim Rasyid.

Saat itu, Halim Rasyid memang baru mendengar lagu ini. Ia bahkan tak tahu siapa sebenarnya pencipta lagu ini.

Namun karena sudah terlanjur jatuh cinta, Halim pun berusaha untuk mempelajari lagu ini. Halim juga meminta bantuan ke temannya untuk membuatkan aransemen musiknya.

Halim Rasyid (Foto.Dokpri)

“Jadi akhirnya saya pelajari. Saya minta ke teman untuk membuatkan aransemen musiknya. Setelah saya nyayikan kayaknya bagus. Akhirnya dikenal lah lagu itu,” beber Halim Rasyid.

Di tangan Halim Rasyid, lagu tersebut akhirnya melewati proses rekaman. Lagu lama yang selama ini belum pernah ada yang mempopulerkan tersebut dibalut dengan nuansa pop yang cukup kental.

Selain makna dari liriknya, Halim Rasyid memang terus berkomitmen untuk melestarikan lagu daerah.  Dan merekam lagu “Torabua” menjadi salah satu bagian usahanya dalam melestarikan lagu daerah.

Leave feedback about this

  • Rating
X