April 22, 2024
Song The Hits

Dinyanyikan Halim Rasyid, Lagu “Buayi” Kental Dengan Nuansa Melayu

IDETIMUR – Sebelum dinyanyikan oleh Halim Rasyid, lagu “Buayi” mungkin telah banyak dinyanyikan oleh penyanyi-penyanyi lainnya. Lagu tersebut pun muncul dengan berbagai versi.

Namun Halim Rasyid lah orang pertama yang mengkomersilkan lagu tersebut. Halim Rasyid juga menjadi penyanyi pertama yang mendapat kehormatan karena ditawarkan langsung oleh penciptanya untuk menyanyikan lagu tersebut.

Adalah almarhum Gafar Dude lah pencipta asli lagu “Buayi”. Saat mendengar suara Halim Rasyid, Gafar Dude langsung jatuh cinta dan meminta agar Halim menyanyikan lagu tersebut.

“Karena dia cari yang cocok untuk komersil. Setelah diminta, sesuai harapan. Beliau cocok, berlanjut lah untuk rekaman,” ujar Halim Rasyid.

Halim Rasyid (Foto. Dokpri)

Dinyanyikan oleh Halim, lagu tersebut kental dengan nuansa melayunya. Tak hanya musiknya, cara menyanyikan Halim pun penuh dengan cengkok Melayu.

“Cara mereka  menyanyikan dengan saya beda jauh. Punya mereka memang ciri khas mereka. Kalau saya larinya ke Melayu. Jatuhnya ke dendang Melayu. Akhirnya bisa diterima oleh masyarakat disana. Aslinya itu kayak pop keroncong,” beber Halim Rasyid.

Diakui Halim, ciri khasnya selama ini memang ada pada genre musik Melayu. Menyanyikan lagu jenis apapun, Halim tetap tak bisa menghilangkan cengkok Melayunya.

Dan saat diminta untuk menyanyikan lagu ini, Halim sama sekali tak merasa kesulitan. Halim hanya tinggal menyanyikan sesuai karakternya sendiri.

Halim Rasyid (Foto.Dokpri)

Nggak ada kesulitan. Kesulitannya menghafal liriknya. Menyesuaikan apakah saya membawakan ini cocok nggak ya ditelinga pasar,” ungkap Halim.

Lagu “Buayi” sendiri berisikan mengenai nasihat. Lagu ini dibuat berdasarkan kisah dari Gafar Dude sendiri. Saat itu, Gafar Dude tiba-tiba mengalami mutasi dari tempatnya bekerja. Merasa tak pernah berbuat salah. Gafar Dude pun lantas membuat lagu ini.

“Isinya apa salah saya, kan nggak buat kesalahan. Kita harus saling menghargai.  Hidup ini bukan mainan, kita harus saling mengingatkan, saling menghargai,” jelas Halim Rasyid.

Leave feedback about this

  • Rating
X