September 21, 2023
A BIT

Ini Dia Nino Absover, Penyanyi ‘Dendang Sahur’ Yang Sempat Viral Di TikTok

IDETIMUR- Masih ingat lagu ‘Dendang Sahur Nabi Yusuf’ yang sempat viral di di tahun 2022 lalu? Lagu yang diciptakan oleh Pemuda Negeri Latu (Maluku) ini memang menjadi trending di media sosial.

Lagu yang diperkenalkan oleh Nino Absover bersama teman-temannya yang dikenal dengan sebutan Kelompok Lorong Arab ini dinyanyikan untuk membangungkan sahur warga muslim di Masohi, Maluku Tengah.

Dengan menggunakan peralatan seadanya, para pemuda Lorong Arab menyanyi di tengah jalan dengan penuh enerjik.

Lantas, siapakah Nino Absover? Bisa dibilang, Nino adalah salah satu aset berharga yang dimiliki oleh masyarakat timur.

Sejak kecil, Nino telah menjuarai beberapa lomba nyanyi. Bahkan saat masih duduk di bangku Taman Kanak-Kanak, Nino sempat menjadi juara dalam lomba yang diadakan oleh  Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia (Lasqi) tingkat provinsi dan tingkat nasional.

“Saya memang suka musik itu sudah dari kecil ya.  Awalnya dari ikut ikut lomba nyanyi dan Alhamdulillah dapat juara. Dari situlah mulai giat berlatih dan kembangkan,” jelas Nino Absover.

Nino Absover (Foto. Dokpri)

Bisa dikatakan jika bernyanyi sudah menjadi hobinya sejak kecil.  Dan hobinya tersebut memang mendapat dukungan penuh dari keluarganya.

Beranjak dewasa, lagu-lagu dari mendiang Glenn Fredly dan The Bakucakar pun mulai menginspirasinya.  Dan tentu saja, karya-karya mereka akhirnya membentuk genre musik yang dipilih oleh Nino.

“Saya suka dengar semua genre. Tapi Kalau pemilihan sih saya lebih ke pop jazz gitu. Ya mungkin karena saya suka dengar lagu-lagu Glenn Fredly,” beber Nino.

Nama Nino sendiri adalah panggilan dari teman-temannya sejak kecil. Sedangkan Absover adalah nama komunitas tempat dirinya sering berkumpul.

Nino Absover (Foto. Dokpri)

Berawal dari hobi tersebutlah, Nino mulai serius menekuni musik. Meskipun seperti biasa, Nino harus menghadapi beberapa tantangan di awal-awal karirnya.

“Prosessnya itu kuatkan semangat dan niat aja. Yakin pasti bisa. Tapi suka dukanya banyak sih. Salah satu yang masih keingat itu dulu kalau recording suka minjam peralatan teman,” kata Nino sambil tertawa.

Kini nama Nino mulai dkenal banyak orang. Dengan suara emasnya, Nino pun menjadi salah satu musisi timur yang cukup diperhitungkan.

“Kesulitan ya mungkin dalam menggarap lagu dan video ya. Karena aku nggak punya team untuk bisa mix lagu atau lain-lain,” terang Nino.

Leave feedback about this

  • Rating
X