June 13, 2024
A BIT

New Gvme, Dari Asmat Menuju Layar Kaca

IDETIMUR – Masih ingat dengan lagu ‘Sa Stop Mabok’? Lagu tersebut memang sempat viral dan tembus puluhan juta penonton di YouTube.

Adalah New Gvme lah yang mempopulerkannya. Nama grup ini memang kerap menjadi perbincangan karena lagu-lagunya yang dinilai cukup unik. Sebelumnya, lagu mereka yang berjudul ‘Kasih Slow’ juga sempat viral di Tiktok.

Lantas, siapakah New Gvme? New Gvme adalah sebuah grup hip hop yang terbentuk di Asmat sejak tahun 2015 lalu.

Monchesz (Foto.Dokpri)

Grup ini terbentuk karena kecintaan dua sahabat, yaitu Monchesz dan Rian terhadap musik.

Perjalanan musik mereka dimulai ketika Monchesz pindah dari Merauke ke Asmat dan bertemu dengan Rian. Kedua teman ini berbagi minat yang sama untuk belajar membuat musik dan lagu rap sendiri.

Mereka mulai mencari tahu tentang aplikasi dan peralatan yang diperlukan untuk merekam musik. “Kami menggunakan FL Studio 8 dan Adobe Audition 1.5, serta earphone dengan mic untuk merekam vokal,” kenang Monchesz.

Perjalanan awal mereka tidak mudah. Dukungan dari orang tua tidak langsung mereka dapatkan karena musik dianggap hanya membuang waktu tanpa hasil yang jelas. Namun, seiring dengan peningkatan kualitas lagu mereka, dukungan mulai berdatangan. Pada tahun 2017, beberapa lagu mereka mulai booming dan viral hingga membuat orang tua mereka bangga.

Monchesz (Foto.Dokpri)

Pengalaman suka dan duka juga mewarnai perjalanan karir New GVME. Monchesz merasa bangga ketika lagu mereka diputar di berbagai acara seperti pernikahan, ulang tahun, dan karnaval.

“Dukanya, kami sering dimanfaatkan sebelum mengenal YouTube dan agregator. Kami juga pernah ditipu oleh label yang hanya mencari keuntungan,” ujarnya.

Meski sempat mencoba genre R&B, New GVME akhirnya kembali ke genre rap dan lagu acara yang menjadi ciri khas mereka. Genre ini telah menjadi panutan dan penyemangat sejak awal mereka terjun ke dunia musik, terinspirasi oleh idola rapper dalam dan luar negeri.

Keberhasilan terbesar mereka datang pada tahun 2021 ketika mereka tampil di televisi dan mulai menerima pendapatan dari YouTube.

“Dari awal tidak disupport orang tua sampai bisa membanggakan keluarga, teman, dan fans, itu yang paling berkesan buat saya,” ungkap Monchesz.

Keberhasilan New Gvme membawa nama Papua ke panggung musik nasional. Kisah perjalanan mereka tentu menjadi inspirasi bagi banyak orang, menunjukkan bahwa dengan ketekunan dan kerja keras, mimpi dapat menjadi kenyataan.

 

Leave feedback about this

  • Rating
X