June 13, 2024
A BIT Community

Unik, Mahakarya Musikindo hadir Sebagai Label Musik Yang Menyediakan Lagu-Lagu Karya Sang Pendiri

IDETIMUR – Iklim industri musik yang terus berubah membuat banyak musisi harus berfikir keras untuk memasarkan karya mereka. Seperti diketahui, industri musik bergerak secara dinamis menyesuaikan selera pasar yang cenderung berubah-ubah.

Karena itu, kerjasama musisi dengan label rekaman dan manajamen artis sangatlah diperlukan. Sebagai upaya merespon permintaan pasar industri musik, Mahakarya Musikindo hadir dengan membawa semangat dan visi unik.

Didirikan oleh Bambang Taidi, mantan gitaris band yang menjabat sebagai CEO perusahaan ini, Mahakarya Musikindo berfokus pada pengembangan dan promosi dengan lagu-lagu ciptaan sang pendiri sendiri. Apa yang dilakukan oleh Bambang ini memang cukup unik. Dimana sebuah label rekaman menawarkan para musisi untuk bergabung namun dengan menyanyikan lagu karyanya.

“Kalau label lain hanya menampung artis yang kemudian bisa keluar, di sini hak cipta lagunya tetap di label karena lagunya saya yang ciptakan,” ujar Bambang.

Semua berawal dari hobi bermusik dari Bambang. Ketika masih muda, Bambang ternyata adalah anak band. Namun seiring berjalan waktu, Bambang memilih untuk mendirikan sebuah pekerjaan di bidang konstruksi.

“Dulu saya anak band dengan cita-cita besar di industri musik. Saya merantau ke Jakarta, tapi keadaan tidak memungkinkan. Akhirnya saya kembali ke Gorontalo dan menjalani disiplin ilmu saya di bidang konstruksi,” jelas Bambang.

Saat sedang melakukan proses pembuatan video klip (Foto. Dokpri)

Namun, kecintaannya pada musik tak pernah pudar. Di tahun ini, ia akhirnya memutuskan untuk kembali menekuni hobinya tersebut. Meskipun bukan lagi sebagai anak band.

“Tahun ini saya melihat banyak talenta daerah yang potensial, tapi karya mereka sulit dinikmati masyarakat. Maka, saya mendirikan Mahakarya Musikindo pada 26 April 2024 sebagai wadah bagi mereka,” ungkap Bambang.

Mahakarya Musikindo tidak hanya berfungsi sebagai label rekaman. Mahakarya Musikindo juga memiliki studio rekaman, EO, manajemen artis, dan lain sebagainya.”Tapi untuk saat ini kita memang fokus dengan label rekaman,” ucap Bambang.

Semua yang terlibat dalam Mahakarya Musikindo memang sangat ahli dibidangnya masing-masing. Bambang menjelaskan bahwa Mahakarya Musikindo didesain untuk menjadi platform yang komprehensif.

Mahakarya Musikindo (Foto. Dokpri)

Keunikan utama Mahakarya Musikindo terletak pada seluruh lagu yang dirilis merupakan karya Bambang Taidi sendiri. Tak hanya itu, untuk produksi musiknya pun, Mahakarya Musikindo telah menyediakan orang-orang yang tak perlu diragukan lagi kemampuannya dibidang musik.

“Yang mengisi aransemen juga dari kita. Playernya juga dari kita. Karena yang bekerja di sini semua ahli musik, jadi kita paham betul seluk-beluk industri ini.” jelas Bambang.

Mahakarya Musikindo terbuka untuk semua genre musik, tetapi saat ini lebih berfokus pada genre pop Korea. “Kita melihat pasar dan karakter penyanyi. Tapi pada intinya, mereka harus mengikuti peraturan perusahaan,” jelas Bambang.

Fokus ini menunjukkan fleksibilitas Mahakarya Musikindo dalam mengakomodasi berbagai gaya musik dan pasar yang berbeda, namun tetap menjaga standar dan aturan internal yang ketat.

Menurut Bambang, Mahakarya Musikindo berkomitmen untuk menyediakan lingkungan yang mendukung bagi para artisnya. Termasuk juga sistem transparansi yang menjadi kunci utama dalam menjaga hubungan dengan para musisi yang bergabung dengan label ini.

“Mereka bisa eksplorasi kelebihan mereka. Sekarang ini banyak wadah serupa tapi tidak transparan. Kalau kita mengutamakan transparansi. Kita juga memfasilitasi semua. Mulai dari lagu, rekaman, sampai video klip dan promosi. Artis tinggal pasang badan saja,” ujar Bambang, menegaskan bahwa transparansi dan dukungan penuh adalah kunci dari operasi mereka.

Ke depan, Mahakarya Musikindo berencana untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak dan artis terkenal untuk meningkatkan promosi. “Kami juga akan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak dan kolaborasi dengan artis-artis terkenal,” tambah Bambang.

Saat ini, kantor Mahakarya Musikindo berada di Gorontalo, namun mereka memiliki ambisi untuk melebarkan sayap hingga ke wilayah nasional. Mahakarya Musikindo hadir sebagai angin segar di industri musik Indonesia dengan visi yang jelas dan strategi yang matang. Dengan dedikasi untuk mengembangkan artis dan menjaga integritas karya, Mahakarya Musikindo diharapkan menjadi pemain kunci dalam industri musik Indonesia yang terus berkembang.

Leave feedback about this

  • Rating
X