May 30, 2024
A BIT

Star East Papua : Bintang Itu Ada Di Timur

IDETIMUR – Jika ditanya siapa grup rap pertama di Papua, jawabannya sudah pasti Star East Papua. Grup yang satu ini memang menjadi cikal bakal lahirnya grup-grup hip hop di tanah Papua.

Bahkan mereka sudah ada sejak tahun 2006 silam. Star East Papua sendiri terbentuk dari kecintaan para personilnya terhadap musik hip hop.Namun di tahun itu, musik hip hop belum seramai seperti saat ini. Khususnya di wilayah Papua.

“Saat itu banyak teman-teman hip hop cenderung dancer. Jadi hip hop minim eksplor. Akhirnya kita gabung,” ujar  Shemy Phat, salah satu personil Star East Papua.

Star East Papua (Foto. Dokpri)

Hebatnya, selain kecintaan terhadap musik, Star East Papua terbentuk lantaran kecintaan mereka terhadap tanah Papua. Nama Star East Papua pun dipilih dengan maksud agar semua mengetahui keindahan Papua.

“Kita mau kasih tahu kalau bintang itu ada di wilayah timur,” kata Shemy Phat sambil tertawa.

Kecintaan mereka terhadap Papua semakin terlihat dari lirik-lirik lagu yang mereka tulis. Jika dicermati, sejak awal kemunculannya Star East Papua tak pernah meninggalkan dialek khas dari tanah kelahiran mereka. Hal tersebut memang telah menjadi komitmen yang tak akan pernah mereka tinggalkan.

“Moto kami memang ingin memperkenalkan dialek Papua kepada masyarakat luas. Dari awal kita bikin selalu dengan dialek Papua,” jelas Shemy Phat.

Star East Papua (Foto. Dokpri)

Sebenarnya lirik yang ditulis oleh Star East Papua memiliki tema yang universal. Mereka kerap mengangkat tema-tema peercintaan, sosial, budaya dan lain sebagainya.

Ketika dirilis untuk pertama kalinya, album perdana mereka di tahun 2006 silam langsung mendapat sambutan yang positif. Padahal saat itu sistem promosi yang mereka lakukan masih sangat manual.

“Waktu itu karena media sosial masih terbatas, kita pakai cara send to send. Jadi kirim-kirim melalui bluetooth. Jadi dari handphone ke handphone,’” ungkap Shemy Phat.

Namun sayang, Star East Papua sempat mengalami masa-masa sulit ketika ditinggal oleh kedua personilnya. Kedua personil mereka yaitu D’angky dan Seggy meninggal dunia yang sempat membuat personil lainnya patah arang.

Beruntung hal tersebut tak sampai berlarut-larut. Shemy Phat pun memutuskan untuk meneruskan Star East Papua. Dan kini, Star East Papua telah beranggotakan Shemy Phat, Eky Dhc,  Qipox, Qionk, dan Lil Vicky.

Leave feedback about this

  • Rating
X