April 22, 2024
A BIT

Ternyata Ponsel Menjadi Benda yang Paling Berharga Dalam Karir GhabrielMc

IDETIMUR  – Jika ditanya, benda apa yang paling berjasa dalam karirnya? Mungkin GhabrielMc akan menjawab ponsel !! Ya, di awal karirnya, ponsel lah yang menunjang aktivitasnya dalam bermusik.

Bukan ponsel mewah dan mahal ataupun ponsel canggih yang ia gunakan saat itu. Melainkan ponsel android produksi lama yang saat ini harga jualnya hanya berkisar ratusan ribu saja.

Namun dengan alat seadanya tersebut, GhabrielMc berusaha membuktikan jika dirinya bisa meraih mimpi-mimpinya.

“Awal saya mencoba untuk membuat lagu itu dari ponsel dan rekaman pakai ponsel dan headsetnya juga. Saya pakai aplikasi android yaitu n-Track dan untuk membuat beat atau instrumennya mengunakan ponsel juga tapi pakai Apk Music Maker Jam,” terang GhabrielMc.

GhabrielMc (Foto. Dokpri)

Dengan ponsel kesayangannya dan satu-satunya yang ia miliki, GhabrielMc pun berusaha memaksimalkan apa yang ia miliki. Setelah mengetahui cara-cara membuat musik, langkah pertama yang dilakukannya adalah mengunduh aplikasi yang diperlukan seperti n-Track dan Music Maker Jam. Tantangan semakin besar karena jaringan 4G ternyata kurang mendukung di wilayahnya.

“Saya harus benar-benar tahan mata. Jadi saya download mengunakan WiFi sekolah saya pada saat itu,” kata GhabrielMc sambil tertawa.

Semua yang dibutuhkan sudah tersedia, giliran GhabrielMc untuk mengeksekusinya.Setiap pulang sekolah, setelah kakaknya pergi bekerja, GhabrielMc pun mencoba merekam lagu-lagu yang diciptakannya.

Menghindari kebisingan, GhabrielMc memanfaatkan kamar mandi untuk meredam kebocoran suara.  Dan hal tersebut dilakukannya selama bertahun-bertahun.

“Setelah selesai  saya lanjut untuk membuat music videonya. Pakai Ponsel juga. Dan edit music videonya pakai apk Kine master yang ada watermark-nya,” beber GhabrielMc.

Perjuangan GhabrielMc demi membuat lagu kini tak sia-sia.  Setelah mengalami masa-masa yang cukup memprihatinkan, GhabrielMc akhirnya bisa memiliki home studio sendiri.

GhabrielMc pun berhasil membuktikan kepada dirinya sendiri jika Ia mampu meraih cita-citanya. Meskipun dengan alat yang cukup sederhana.

“Sekarang puji Tuhan peralatan semua nya sudah lengkap dan saya sudah memiliki sebuah Home studio. Kualitas lagu-lagu saya sangat jauh berbeda dengan awal-awal berkarya. Semakin hari kualitas lagu-lagu saya diperhatikan,” ucap GhabrielMc.

GhabrielMc (Foto. Dokpri)

Sebelum dikenal sebagai seorang musisi, GhabrielMc sebenarnya lebih dahulu menekuni dunia dance. Namun sejak usia 7 tahun, GhabrielMc mengaku telah menyukai musik. Khususnya Hip-hop dan RnB.

Kebetulan dance dan musik memang berhubungan. Dan telinga GhabrielMc memang telah terbiasa mendengar musik Hip-hop dan RnB.

“Saya mencoba untuk memutuskan untuk menjadi seorang musisi Hip hop sejak saya SMK kelas satu dan basic saya kan dance pasti suka lagu yang bikin badan ingin untuk bergerak atau ngangguk-ngangguk kepala. Mayoritas Indonesia Timur kan kulturnya suka lagu yang bikin goyang kepala,” ungkap GhabrielMc.

Hasilnya GhabrielMc pun kini menjadi salah satu musisi yang cukup diperhitungkan dari Indonesia Timur. GhabrielMc pernah lolos dalam ajang Flavs Nu Icon pada tahun 2021. Namun gagal diakhir.

Dan pada Tahun 2022, Ia kembali lolos di ajang Flavs Nu Icon revival 2022 dan mewakili dua ibu kota Provinsi yaitu Maluku  dan Sulawesi.

GhabrielMc juga sempat tampil dalam konser yang digelar di Istora Senayan Jakarta bersama sejumlah musisi senior lainnya.

Leave feedback about this

  • Rating
X