February 24, 2024
A BIT

Angkat Tema Daerah Bikin KHV Reborn Jadi Berbeda

IDETIMUR – Sulawesi Tenggara, khususnya kota Kendari ternyata memiliki grup musik Hip Hop yang tak dapat dipandang sebelah mata. Mereka adalah KHV Reborn.

Nama KHV sendiri merupakan singkatan dari Kendari Hip Hop Vanguard. Dan penyematan reborn di akhir karena grup ini muncul kembali setelah sempat vakum beberapa lama.

Ya, Kendari Hip Hop Vanguard memang merupakan grup hip hop kebanggaan Masyarakat Kendari. Terbentuk di tahun 2013 silam, lagu-lagu mereka cukup digemari oleh anak-anak muda di sana.

Namun sayang, dalam perjalanannya, grup ini sempat vakum. Meski begitu, kevakuman tak lantas menyurutkan semangat bermusik mereka. Buktinya, di tahun 2021, mereka muncul lagi dengan nama KHV Reborn.

KHV Reborn (Foto.Dokpri)

Adalah Hardyan Saputra Kamsar lah yang memprakarsai terbentuknya grup ini. Musik-musik dari Young Lex, Ecko Show dan lain sebagainya menjadi inspirasinya saat itu.

“Idenya mungkin yang mempengaruhi latar belakang kami itu Young Lex, Ecko Show. Kami banyak terinspirasi dari mereka. Kami mengambil tema-tema sekitar kejadian sehari-hari. Tapi dibalut dengan bahasa Kendari,” ujar Hardyan Saputra Kamsar.

Seperti Musisi-musisi lain pada umumnya, perjalanan mereka dilewati dengan penuh perjuangan. Awalnya, banyak yang tak menyukai musik mereka.

Apalagi Kendari Hip Hop Vanguard memiliki ciri khas yang cukup unik. Yaitu mengangkat tema-tema yang bersifat kedaerahan.

“Hip hop di Kendari memang masih jarang. Uniknya kta mengangkat tema daerah. Seperti makanan khas daerah. Jadi kita lebih ke lokal-lokal gitu,” jelas Hardyan Saputra Kamsar.

KHV Reborn (Foto.Dokpri)

Waktu memang akhirnya menjadi pembuktian tersendiri bagi grup ini. Suatu moment, Kendari Hip Hop Vanguard berhasil terpilih untuk mewakili Sulawesi Tenggara dan tampil dalam event nasional yang diadakan di Tanggerang, Banten.

“Pertama langsung di event besar. Waktu itu ada kompetisi di Kendari dan kita lolos mewakii Sulawesi Tenggara,” ungkap Hardyan Saputra Kamsar.

Sejak saat itu, nama Kendari Hip Hop Vanguard langsung menjadi pembicaraan. Dan mereka pun berniat untuk terus membawa nama kota Kendari dalam kancah music Hip Hop.

“Hip hop itu unik. Kita bisa bebas menyuarakan apa yang tidak bisa disuarakan di genre lain. Hip hop bebas. Bisa ngomong apapun. Bisa sampai tiga bar menjabarkan apa yang terjadi,” ucap Hardyan Saputra Kamsar.

 

Leave feedback about this

  • Rating
X