June 13, 2024
Song The Hits

Berawal Dari Kegalauan Seorang Teman, Al Zabran Ciptakan Lagu Diluar Kebiasaan

IDETIMUR  – Untuk pertama kalinya, Al Zabran akhirnya membuat lagu yang diangkat dari curhatan orang lain. Ya, lagu yang berjudul “I Don’t Feel  It” ini memang dibuat diluar kebiasaan Al Zabran dalam menulis lagu.

Kali ini liriknya bukanlah berdasar pengalaman pengamatan dirinya tentang situasi yang sedang terjadi. Al Zabran justru tertarik dengan keluh kesah temannya yang baru saja mengalami patah hati.

Beberapa waktu lalu, di sebuah kedai, Al Zabran bertemu dengan seorang temannya. Saat itu, sang teman langsung bercerita mengenai dirinya yang baru saja mengalami kegagalan cinta.

Sebagai pendengar yang baik, Al Zabran pun berusaha menyimak dengan seksama keluh kesah dari temannya tersebut. Namun diam-diam, tercetus sebuah ide untuk menjadikan cerita itu menjadi sebuah lagu.

Al Zabran (Foto. Instagram)

“Saya cuma rangkum ceritanya teman yang lagi galau. Dia galau. Pulangnya langsung buat lirik, jadi bahan,” ujar Al Zabran.

Namun ternyata membuat lagu dari keluh kesah orang lain tak semudah yang dibayangkannya. Al Zabran harus mengingat-ingat lagi detail demi detail cerita yang disampaikan oleh temannya tersebut. Proses itulah yang sempat membuat lagu ini sedikit mengalami kendala.

“Karena ini kan bukan dari pengalaman sendiri. Saya harus mengingat lagi pas dia cerita. Lebih sulit karena kita tidak bisa mengada-ada juga. Takutnya orang itu sampaikan lain,” ungkap Al Zabran.

Uniknya, Al Zabran mencoba memasukan unsur bahasa Inggris dalam lagu ini. Rupanya Al Zabran ingin lagu ini memang terdengar sedikit berbeda.

Al Zabran (Foto. Instagram)

Karena itu untaian kata-kata dalam bahasa Inggris pun ia selipkan di bagian chorusnya. Dan ramuan tersebut memang cukup membuat lagu ini memiliki daya tarik tersendiri.

“Karena kalau pakai bahasa Indonesia terlalu Indonesia, terlalu mainstream.  Sudah banyak. Ini biar unik aja,” kata Al Zabran sambil tertawa.

Dengan dibantu oleh temannya yang seorang beat makker, lagu ini pun akhirnya rampung dibuat. Dan orang pertama yang ia beri tahu adalah sang pemilik cerita itu sendiri.

“Setelah lagunya jadi, saya kirim langsung ke dia. Dia orang pertama yang dengar. Dia sangat suka karena memang related,” jelas Al Zabran.

“Dan saya jadi  ketagihan cari teman untuk cerita unik. Mungkin next akan ada lagu yang unik lagi,” sambungnya.

 

 

 

 

Leave feedback about this

  • Rating
X